Tingkah -97 : Tangga nada diatonis

Sebenarnya  ini bukan suatu yang baru untuk diketahui,, ini merupakan pengetahuan umum tentang musik yang kita pelajari dimasa Sma dulu, tentang apa itu musik, dari mana kata itu berasal dan apa itu tangga nada.??
Akan tetapi dulu saya tak pernah menela'ah semua ilmu tersebut.. sebagian besar dulunya saya hanya angguk2 dan sekedar tahu apa yang telah diajarkan oleh guru.. yah mau gimana lagi,, mungkin sebatas itulah apresiasi saya terhadap musik... yang penting dapat nilai yang bagus.. HAHAHAH


dan semalam saya ngga sengaja membaca sebuah buku yang berjudul "MENUJU APRESIASI MUSIK"
Tulisan Remy Sylado dan Harry Roesli..


Berikut uraiannya :

 Diatonis yang terdiri dari 7 nada :
DO, RE, MI, FA, SOL, LA, SI

penemu tangga nada tersebut adalah  Guido Aretinius d'arezzo seorang pastur katolik dari mazhab benediktus. seorang yang lahir di prancis dan menetap di'italia sampai akhir hayatnya.

dan Apakah teman2 tahu, Bahwa nada2 diatonis ini sebutannya adalah berasal dari rentetan kata-kata pujaan kepada Sancta Loannis, Seorang Murid termuda Yesus..?

yah.. susunan kata2 Pujaan itu dapat diuraikan sebagai berikut. :

  • Ut queant laxis : untuk bisa Lepas (dari )
  • Renonare fibris : kesembilan Serat
  • Mira gestorum  : peristiwa aneh
  • Famuli tuorum  : parah hamba (memohon)
  • solve polluti      : Lepaskan najis (mungkin dosa )
  • Labii reatum     : bibir bersalah
  • sancta loannis   : sancta Loannis
susunan kata diatas jika kita baca baris demi baris dengan mengambil suku kata yang pertama akat kita peroleh bunyi : Ut, re, mi, fa, sol, la, Si,

kata 'si' Merupakan singkatan Huruf besar "Sancta Loannis"

 ada yang menanyakan nada "DO" datangnya dari mana ???
ya,, Bunyi do, memang Baru, Diambil dari kata Dominus. Artinya "tuhan" mengganti bunyi ut tersebut...
yah,, kata2 tersebut berasal dari kata latin...

dan apakah teman2 tahu, dimana perkataan musik ini kita terima ???
ya,,, yang telah kita ketahui, bahwa musik berasal dari bahasa yunani "MOUSAI" yang katanya sembilan dewi yang menguasai seni-seni murni dan ilmu pengetahuan. kesembilan dewi itu konon merupakan puteri-puter zeuz dan mnemosyne. Kesembilan nama2 dewi itu adalah :
  1. clio
  2. thalia
  3. melpomene
  4. terpischore
  5. erato
  6. polyhymnia
  7. calliope
  8. urania
  9. Euterpe
begitulah teman2 sedikit ulasan tentang asal kata do,re,mi,fa,sol,la,si....

Nah,, permasalahannya, bagaimana tanggapan Umat ISLAM tentang Kebenaran ini ????

1.  Firman Allah s.w.t.:


(وَ مِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِيْ لَهْوَ الْحَدِيْثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيْلِ اللهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَ يَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِيْنٌ) (لقمان:6)
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna (lahw-ul-hadis) untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan. (31:6). Perkataan Tidak Berguna = Nyanyian


Hadis Bukhari yang diriwayatkan dari Abu Malik Al-Asy'ari (SHAHIH BUKHARI, Hadis No. 5590):

(لِيَكُوْنَنَّ مِنْ أُمَّتِيْ أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّوْنَ الْحِرَّ وَ الْحَرِيْرَ وَ الْخَمْرَ وَ الْمَعَازِفَ وَ لَيَنْزِلَنَّ أَقْوَامٌ إِلى جَنْبِ عَلَمٍ يَرُوْحُ عَلَيْهِمْ بِسَارِحَةٍ لَهُمْ يَأْتِيْهِمْ يَعْنِي الْفَقِيْرُ لِحَاجَةٍ فَيَقُوْلُوْا: ارْجِعْ إِلَيْنَا غَدًا فَيُبَيِّتُهُمُ اللهُ وَ يَضَعُ... الْعَلَمَ وَ يَمْسَخُ الآخَرِيْنَ قِرَدَةً وَ خَنَازِيْرَ إِلى يَوْمِ الْقِيَامَةِ)

"Sesungguhnya akan terdapat di kalangan umatku golongan yang menghalalkan zina, sutra, arak dan alat permainan (musik). Kemudian segolongan (dari kaum Muslimin) akan pergi ke tebing bukit yang tinggi. Lalu para pengembala dengan ternak kambingnya mengunjungi golongan tersebut. Lalu mereka didatangi oleh seorang fakir untuk meminta sesuatu. Ketika itu mereka kemudian berkata: "Datanglah kepada kami esok hari." Pada malam hari Allah membinasakan mereka, dan menghempaskan bukit itu ke atas mereka. Sisa mereka yang tidak binasa pada malam tersebut ditukar rupanya menjadi monyet dan babi hingga hari kiamat."



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gong Tanah Bertingkah: Virtual Instrument Gondang Oguong Kampar

GENGGONG YANG TERLUPAKAN..