Tingkah -98 : GENGGONG (jew's harp)

Genggong adalah sebuah alat musik yang luar biasa. 
 Kecil dalam bentuk, sederhana dalam teknik, sangat kuat dan magis dalam memproduksi suara. 
Sebuah alat musik yang disebut "GENGGONG" harus memiliki tiga unsur penting: frame tetap, lidah dan mulut fleksibel variabel resonator.
 
Genggong mempunyai beberapa nama  asing, seperti: jew's harp, (kecapi mulut), Juice kecapi (AS), Gaw astaga, maultrommel (Jerman), Koukin, mukkuri (Jepang), Vargan (Rusia), Khomus (Yakutia, Siberia), Kubing (Filipina), Scacciapensieri , Marranzanu (Italia), Guimbarde (Prancis), Munnharpa (Norwegia), Chang (Afganistan), Morchang (India, Rajasthan), Morsing (India Selatan), Karinding (Sunda, Indonesia), Angkuoch ( Kamboja), Dan Moi, Roding, Guoc, Toung, Kon Hla (Vietnam) Nago besi (Timor, Indonesia), Daromb (Hungaria), Berimbao (Spanyol) dan Genggong (kampar, sumatra, bali, indonesia)

Dipegang erat di tangan kiri antara telapak dan jari-jari, Genggong ( jews'harp) ditekan antara gigi, dipukul dengan menggunakan jari telunjuk, yang finfer tengah atau ibu jari (tergantung pada tradisi dari negara mana) dari tangan kanan untuk membuat suara .Dengan lidah pemain, dicampur dengan variasi pada tenggorokan ketika meniup dan menghisap udara melalui instrumen, musisi dapat menghasilkan suara atau beberapa nada yang bervariasi sesuai dengan modifikasi dari rongga mulut.Jenis-jenis Genggong (jaw's Harp) 

Ada dua jenis genggongi: 
1. genggong dengan lidah di luar kerangka ( Eropa dan Asia)
 2. genggong dengan lidah bagian dalam bingkai ( Asia, dan Oseania.)

1. genggong dengan ujung bebas dari lidah lebih panjang dari frame berada dalam logam terdapat Di Eropa, bentuk dari instrumen ini hampir sama di mana-mana.

 Di Asia, keragaman besar dapat di lihat di Asia Selatan (India, Afganistan, Kirgistan, Kazachstan) di Asia Tengah (Yakutia, Tuva, Mongolia, Altai, Bashkorostan)

2. genggong dengan ujung bebas dari lidah lebih pendek dan dimasukkan dalam frame
- tanpa menarik string yang terutama ditemukan di Asia  (Kamboja, Vietnam, Filipina, Sunda di Indonesia, Thailand), dan dengan menarik string (Bali, Sulawesi, sumatra -Indonesia , Bastar di India, Jepang, antara suku Ami di Taiwan, dan di New Guinea dan beberapa pulau Pasifik)

Kita dapat menemukan Genggong dengan lidah di dalam kerangka yang terbuat dari kuningan (Dan terutama Vietnam Moi, dan Hoho Cina dari suku Yi dan Koukian dengan 2 sampai 5 instrumen tetap seperti kipas)Distribusi Genggong terdapat di seluruh dunia. Perannya, penggunaan, dan bentuk yang begitu beragam. Seluk-beluk bagaimana membuat getaran lidah membuktikan kecerdikan manusia di bidang produksi suara.

Ada ada lima fungsi utama: 

1.  pacaran Percintaan 
2. Shamanisme  
3. upacara 
4. Danses dan entrertainment
5. Permainan rakyat Beberapa data historis penting

Alat musik kecil ini ditemukan di Eropa (jew's harp heteroglottic metalik ), di Asia (heteroglottic dan logam idioglottic, Genggongi kayu dan bambu) dan di Oceania, kecuali Australia (idioglottic genggong kayu dan bambu).Di Amerika, di Afrika dan di Australia, genggong logam yang diperkenalkan oleh Belanda dan Inggris selama penaklukan mereka. 

 • 900 karat Koukins ditemukan di Jepang pada tahun 1990 (lebih dari 1.000 tahun) 
• Sebelum 1399, frame lama genggong yang ditemukan di Jerman. 
• Pada 1500, genggongi adalah sebuah penjual barang umum selama abad 16. 
• Pada 1765, Johanna George Alberchtsberger, komponis Austria menulis sejumlah konserto untuk Genggong 
• Satu pemain Genggong virtuoso besar Karl Ulenstein (1802-1890) dipengaruhi oleh dua ahli kecapi mulut: Franz Koch (1761-1831), dan Kunert dan menjadi terkenal di seluruh Eropa.
 
• Sampai 1850 Genggong mencapai suatu keunggulan remarquable dalam kehidupan musik di Eropa Barat. Jerman, Austria dan Italia diproduksi dalam jumlah besar genggong (pabrik-pabrik paling terkenal berasal dari desa Molln di Austria)• Dari 60-an abad ke-20, Fred Derek adalah guru pertama yang mengajarkan sejarah genggong di University of Iowa (AS) dan meluncurkan festival pertama di Amerika pada tahun 1984. 

•Di festifal lainnya. Dalam Yakutia (diselenggarakan oleh Ivan Alexeyev), di Amerika Serikat (diselenggarakan oleh jaw's harp Guild di Oregon), di Norwegia (diselenggarakan oleh Anon Egeland) telah berkembang di seluruh dunia sejak tahun 1991 dan seterusnya. 
• Berkat Ivan Alexeyev dan Spiridon Shishigin, Genggong di Jakut (KHOMUS) dan berkat Tran Quang Hai, dan Genggong Vietnam (DAN MOI) telah dikenal dan dihargai di seluruh dunia saat ini.Teknik Genggong telah dikembangkan sejak penemuan gaya Yakut. Teknik-teknik Selatan Morsing India telah ditambahkan ke komposisi eksperimental yang dipimpin oleh Steev Kindwald (AS)Musik eksperimental dengan Genggong diciptakan oleh Tran Quang Hai (Perancis / Vietnam) untuk musik elektro-akustik sejak tahun 1970, dan kemudian oleh Anton Bruhin (Swiss). Aron Szilagyi (Hungaria) dan kelompok Navrang nya, Luca Recupero dengan Fans Listrik Nya (Sisilia) memperkenalkan Genggong di pop / musik Rock.




jews'harp is virtuoso  Leo Tadagawa (Jepang), Wang Li (Cina), Robert Zagretdinov (Bashkorostan), phons Bakx (Belanda), John Wright (Inggris), Borot Bairyshev (Altai), Gordon Frazier (AS), Manfred Russmann (Austria), Svein Westad (Norwegia), Anon Egeland (Norwegia), Sylvain Trias (Prancis), Nguyen Duc Minh (Vietnam) telah berkontribusi pada gaya baru
Genggong dengan banyak berkat kreasi teknis untuk ketangkasan dan keahlian.Sedikit demi sedikit kita telah menemukan banyak negara yang memiliki Genggong . Di Vietnam misalnya, sekarang ada 10 jenis Genggong ditemukan di antara suku banyak etnis (Hmong, Thai, Muong, Khmu, Dao, Jorai, Bahnar, Ede, Sedang, Mnong Gar, dll ...)Majalah-majalah  yang membahas tentang Genggong adalah: VIM diedit oleh Fred Crane (AS), yang Pluck oleh Gordon Frazier (AS), dan Koukin Jurnal dalam bahasa Jepang oleh Leo Tadagawa (Jepang). Sebuah museum Genggong satu-satunya diciptakan oleh Ivan Alexeyev di Yakutia di awal 90-an abad ke-20. Banyak CD dan DVD mengenai instrumen Genggong yang buat oleh para seniman sejak 15 tahun terakhir.Ribuan dan ribuan situs web telah ada. Semua situs ini dapat ditemukan dengan motor dari google.com penelitian dengan mengetik "Genggong itu, guimbarde, maultrommel, Scacciapensieri, khomus, Dan moi", dll ....Jaws' Harp International Festival di Amsterdam (Belanda) pada tahun 2006 mengumpulkan hampir semua pemain Genggong terbaik di dunia untuk 3 hari konser, Baca (http://muziekgebouw.nl).Sebuah CD dengan sampler dari berbagai jenis Genggong dari 3 benua, dipilih oleh Bernard Kleinkamp merupakan pilihan yang sangat baik untuk menunjukkan panorama indah  yang dilakukan oleh alat musik yang sangat kecil ini "GENGGONG (Jew's Harp)" . 


Oleh :
Tran Quang 
HaiEtnomusikologUMR 7186 crem / LESC dari Pusat Nasional untuk Penelitian Ilmiah
Paris, Prancis
http://www.myspace.com/tranqhai/blog

Diterjemahkan oleh :
Taufiq Yendra Pratama
Mahasiswa Sendratasik FKIP Universitas Islam Riau
Pekanbaru, Riau, Indonesia

NB: terdapat tambahan, karena Riau tepat nya dikabupaten Kampar juga terdapat tradisi unik guna menggoda anak gadis pada zaman dahulu hingga sekarang dengan menggunakan instrumen ini. 

Bagaimana Menurut anda ?

Komentar

  1. ada gambar genggong yang dibuat asli dan dimainkan oleh masyarakat kampar itu sendiri?

    sila mampir http://ukurbumi.blogspot.com

    BalasHapus
  2. terima kasih kpd saudara haqky, tentu ada,,, mudah2an dalam waktu dekat akan saya upload gambarnya.. tetapi untuk video, saya lagi berusaha untuk memasukkannya,, tapi sampai sekarang belum bisa,, saya akan kompres dulu,,, :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Bagaimana menurut Anda ??

Postingan populer dari blog ini

Gong Tanah Bertingkah: Virtual Instrument Gondang Oguong Kampar

GENGGONG YANG TERLUPAKAN..